Ilmu adalah sesuatu yang berharga lagi mulia menurut Islam, maka Islam pun memuliakan orang yang mencarinya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Bukan itu saja, Islam juga menjanjikan banyak hal pada para pencari ilmu itu. Berikut ini apa saja kemuliaan dan penghargaan yang akan di dapatkan oleh para pencari ilmu.

Cari ilmu memudahkan jalan menuju surga

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa menempuh perjalanan dalam rangka mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surge.” (HR Muslim).

Inilah motivasi mulia yang harus terhujam dalam benak kita. Bahwa perkuliahan dan sekolah kita adalah jalan mudah menuju surga. Asalkan benar bahwa kita kuliah dan sekolah, memang tulus untuk mencari ilmu-ilmu kebaikan dan bermanfaat.

Para pencari ilmu dihormati dan dimuliakan oleh malaikat

Dari Shofwan bin Asal ra, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya malaikat benar-benar mengatupkan sayapnya di hadapan para pencari ilmu karena ridho dengan apa yang mereka lakukan.” ( HR Tirmidzi dan Ahmad).

Malaikat makhluk agung lagi mulia itu ternyata memuliakan para pencari ilmu. Maka mereka pun menurunkan sayapnya sebagai sikap penghormatan yang tawadhu kepada para pencari ilmu. Bukan itu saja, dalam riwayat lain juga diceritakan bagaimana para malaikat itu juga menaungi dan mengelilingi majelis-majelis para pencari ilmu. Kita makhluk mulia, dan lebih mulia dengan ilmu yang kita punya.

Para pencari ilmu disamakan dengan mereka yang berjihad fi sabilillah

Dari Anas bin Malik ra, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang keluar menuntut ilmu, maka ia di dalam jalan Allah hingga kembali nanti”. (HR Tirmidzi).

Majlis pencari ilmu adalah taman surga yang ada di dunia

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda : “Jika engkau melewati taman-taman surga, maka nikmatilah”. Para sahabat bertanya: “Apakah taman-taman surga itu wahai Rasulullah?”. Rasulullah SAW menjawab : “Majelis ilmu” (HR Thobroni).

Majelis para pencari ilmu adalah majelis yang mulia. Rasulullah SAW mengibaratkannya dengan taman surga yang ada di dunia. Betapa dekatnya para pencari ilmu itu dengan surga. Dalam riwayat lain juga disebutkan tentang keutamaan yang diberikan Allah SWT kepada mereka yang hadir dalam majlis ilmu.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah sebuah kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid),mereka membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, kecuali akan turun kepada mereka ketenangan, dan (mereka) diliputi rahmat, dan dinaungi oleh malaikat, dan Allah SWT menyebut mereka disisi-Nya. (HR Muslim).

Semoga kita termasuk dalam para pencari ilmu dan kebaikan. Bagi mahasiswa baru,  semangat mengikuti perkuliahan dan AAI karena Allah ya.

(Sumber: www.indonesiaoptimis.com/2011/06/keutamaan-para-penuntut-ilmu.html, dengan sedikit perubahan)