Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Q.S Al-Baqarah : 183)

Teman-teman, sebentar lagi bulan yang spsesial akan datang, bulan ramadhan. Bulan ramdhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu orang-orang yang beriman. Kalian juga menunggu-nunggu bukan?

Buan ramdhan itu bulan yang penuh rahmat, penuh ampunan, limpahan pahala, dan bulan kesehatan. Setuju kan? Karena bulan ramdhan itu spesial, kita juga harus menyambut bulan ramadhan dengan spesial juga. Jangan sampai ketika bulan ramadhan datang kita biasa-biasa saja. Nah, ada beberapa persiapan yang dapat kita lakukan dalam menyambut bulan ramadhan. Yuk kita belajar bersama.

  1. Persiapan Fisik. Allah SWT. lebih menyukai muslim/muslimah yang kuat daripada muslim/muslimah yang lemah. Teman-teman kalau kita sedang sakit, pasti untuk beribadah kurang maksimal. Oleh karena itu, kita harus sehat jasmani agar saat puasa ramadhan kita bisa maksmimal menjalankan ibadah.
  2. Persiapan Ruhiyah. Bulan ramadhan itu bulan full pahala. Jadi kita jangan sampai rugi ya teman-teman. Semua kebaikan yang kita lakukan insyaa Allah akan dinilai pahala oleh Allah SWT. So, kita harus latihan dari sekarang agar terbiasa dan bisa maksimal. Rasulullah saw. mencontohkan kepada kita untuk memperbanyak berpuasa sunnah di bulan Sya’ban. Selain berlatih berpuasa sunnah kita juga harus meningkatkan amalan-amalan sunnah yang lain. Seperti: memperbanyak membaca Al-Qur’an, qiyamulail, shalat rawatib, shalat dhuha, infaq/sedekah, dzikir, dan lain-lain.
  3. Persiapan Mental. Persiapan mental di sini berkaitan dengan niat.
  4. Persiapan Program. Teman-teman sepakat kan kalau bulan ramdhan itu spesial, tamu spesial yang harus kita sambut dengan baik. Ketika bulan ramdhan datang kita harus mempunyai targetan apa yang ingin kita capai di bulan penuh rahmat ini. Misal, target bulan ramadhan 1437 H ini saya harus bisa khatam Al-Qur’an 2 kali, memberikan ifthar kepada tetangga, dan lain-lain. Yuk buat target ramadhan 1437 H.
  5. Persiapan Memperbaiki Hubungan. Agar ibadah yang kita lakukan mendapat ridha Allah, kita sebaiknya juga memperbaiki hubungan yang sempat renggang di antara kita dengan saudara-saudara muslim yang lain, terutama kepada orang tua. Yuk kita saling meminta maaf sebelum bulan puasa datang.

Semoga bermanfaat ya teman-teman 🙂

#Semangat menyambut bulan ramadhan 1437 H

#Semangat FU AAI 2016