Berbagi dalam Keterbatasan

0
16

Mahasiswa muslim UNS pasti tidak asing dengan kata AAI. Dari yang semester muda sampai semester agak banyak. Hari kedua di bulan Ramadhan ini bertepatan dengan agenda AAI kelompokku, Ramadhan bukan berarti AAI-nya libur loh. Kali ini AAI-nya tidak dilakukan di sekitaran kampus UNS tapi masih di daerah Solo juga. Ganti suasana ceritanya biar gak bosan dan siapa tahu dapat hikmah.

Jangan pernah bandingkan masjid NH dengan masjid ini, seperti apapun rumah Allah tetaplah rumah Allah. Agenda syiar di NH memang bisa dikatakan bagus dan patut diacungi jempol, bahkan ada kajian jelang buka setiap hari di NH dan buka puasa gratis untuk 600 jamaah kurang lebih. Imam tarawih dan khatib pun sudah terjadwal dengan baik yang diisi oleh para huffadznya UNS dan ustadz-ustadz yang mumpuni. Masyaa Allah, begitu banyak fasilitas dan kemudahan yang bisa kita dapatkan bagi mahasiswa muslim UNS. Rugi banget kalau sampai tidak memanfaatkannya dengan baik.

Balik lagi ke acara, AAI dimulai pukul 16.00 dan berakhir menjelang adzan maghrib. Tidak ada kajian di masjid ini memang, namun alhamdulillah masih ada yang tilawah. Saat MC mau menutup agenda AAI, tiba-tiba ada seorang mbak-mbak yang mendekat dan mengajak untuk berbuka puasa bareng. Masyaa Allah, kita memang bawa persiapan buat buka tapi sekedar jajanan cemilan. Siapa sangka ternyata ada buka puasa bersama, bukan di masjid sih tapi di bangunan samping masjid semacam selasar. Inilah nikmat ukhuwah Islamiyah, kita belum pernah bertemu dan berkenalan namun kita mau saling berbagi.

Jamaah putrinya hanya sebaris, iya sebaris. Alhamdulillah kita bisa merasakan nuansa buka puasa yang berbeda, kita saling berbagi makanan yang kita bawa dan yang telah disediakan oleh panitia. Percaya tidak percaya, di saat hujan atap masjid ini bocor di mana-mana bukan cuma satu dua titik. Panitia dengan sigap membereskan tempatnya, padahal ada yang belum selesai menyantap buka. Masih ada orang-orang yang mau memakmurkan masjid, masih ada pemuda yang peduli. Lalu bagaimana dengan kita yang diberikan kemudahan?

Sudahkah bersyukur? Oh iya jangan jadi pemburu takjil gratis melulu ya! Sekali-kali bagi ifthor lah buat saudaranya. Walau dengan sepotong roti sobek, sebiji kurma, seiris buah ataupun seplastik gorengan. Atau kalau gak, bisa ikut donasi paket buka puasanya LAZIS UNS. Ayo perbanyak berbagi di bulan Ramadhan ini.

Sri Utami, Mahasiswa FKIP Semester 8 yang masih rutin AAI.