Tamu Terbaik

0
109

Bagaimana perasaanmu jika suatu hari kamu akan kedatangan kawan setiamu setelah sekian lama tak berjumpa? Kawanmu ini begitu menunggu saat-saat akan berjumpa denganmu menyiapkan segala kebahagiaannya, perlengkapan dan buah tangan terbaik agar engkau puas selama bersama dengannya. Bukankah itu adalah sebuah anugerah tersendiri? Lalu apa yang akan kamu lakukan untuk membalas segala kebahagiaan itu?
_

Begitu pun Ramadhan, ia adalah tamu. Tamu mulia yang di setiap sisinya membawa kado terindah yang pernah ada. 10 hari kunjungan awalnya adalah untuk menumpahkan rahmat Allah, lalu 10 hari keduanya adalah untuk membumikan ampunan Allah, lalu 10 hari terakhir sebelum ia berpamitan, Ia akan memberi kita kesempatan meraih tiket emas untuk selamat dari jilatan pedih api neraka.

Rasulullah saw selalu memberikan kabar gembira kepada para sahabat setiap kali datang bulan Ramadhan , “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad). Maka, mari isi hati kita dengan kebahagiaan, hiasi dinding hati kita dengan ayat Quran dan hadits-hadits yang mengingatkan kita keutamaan tamu Ramadhan ini. Mulai merancang agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadhan, karena ia begitu singkat. Dan bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadhan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahkannya melaksanakan aktivitas-aktivitas kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” [Q.S. Muhamad (47): 21]

Ramadhan itu sangat singkat. Karena itu, mari isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah.